Pria Brasil Jalani Operasi Tumor sambil Bermain Gitar

Rabu, 08 Maret 2017 - 01:21 WIB
Pria Brasil Jalani Operasi...
Pria Brasil Jalani Operasi Tumor sambil Bermain Gitar
A A A
BRASIL - Umumnya pasien yang akan menjalani operasi mendapatkan biusan hingga tak sadarkan diri. Cara ini bertujuan agar pasien tidak merasakan sakit saat prosedur operasi berlangsung, tetapi berbeda pada Rolden Batista.

Pria asal Brasil berusia 40 tahun ini menjalani operasi otak untuk pengangkatan tumor dengan cara yang unik. Batista mengatakan mendapat dua pilihan dari dokter yang menanganinya terkait pelaksanan operasi, yakni di operasi dalam keadaan benar-benar terbius atau tetap sadar pada saat operasi.

Dilansir Daily Mail, menurut dokter, keberhasilan operasi lebih besar jika pasien menjalaninya dalam keadaan sadar. Berdasarkan penjelasan tersebut, Batista pun memilih opsi kedua. "Dokter lantas memberi ide saya bermain gitar saat operasi," kata Batista.

Saat operasi berlangsung, Batista memainkan gitarnya sambil menyanyikan lagu populer. Beruntung, operasi rumit tersebut berjalan lancar dan saat ini Batista dalam masa pemulihan.

Ahli bedah menjelaskan membiarkan pasien tetap sadar dan bermain alat musik sambil bernyanyi bisa mengetahui tentang kesalahan saat operasi berlangsung atau tidak.

Jika pasien tidak bisa mengucapkan lagu dengan tepat, maka terjadi kesalahan dan saat itu juga dokter akan memperbaiki bagian otak yang bertujuan mengontrol gerakan, ucapan serta indra.

Kendati demikian, mematikan alat musik saat operasi bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya musisi asal Spanyol, Carlos Aguilera juga menjalani operasi otak sambil memainkan alat musik yang dikuasainya, saksofon.

Ada juga penyanyi tenor ternama asal Slovenia, Ambroz Bajec Lapajne yang didiagnosis menderita Glioblastoma Multiforme (GMB) yang dioperasi dalam keadaan sadar. Saat operasi berlangsung, Ambroz membawakan salah satu karya komposer Franz Peter Schubert, Gute Nacht.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0801 seconds (0.1#10.140)